Booking lombok holidays

Snorkeling adalah cara terbaik sekaligus cara paling murah untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyewa peralatan selam yang harganya mahal. Umumnya peralatan snorkeling bisa di sewa dengan kisaran harga antara Rp 50.000 - 100.000,Dengan semurah itu, kita bisa berenang menikmati ikan-ikan dan terumbu karang di bawah laut. Dan, sesekali kita juga bisa menyelam mendekati objek tanpa perlu melepas snorkel (selang). Namun kedalaman dan lama menyelam sangat bergantung pada kemampuan kita dalam menahan nafas.

Walau demikian, kegiatan yang satu ini tetap bisa sangat menyenangkan dan seru. Apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakan alat-alat snorkeling mulai dari:

  • Mask, yaitu sejenis kacamata air yang bisa melindungi wajah dan hidung agar tidak terkena air.
  • Snorkel, adalah sejenis selang pernapasan yang digunakan untuk menghirup oksigen di luar air, umumnya mengarah ke arah belakang kepala karena pada saat melakukan snorkeling kita akan menghadap ke bawah (telungkup).
  • Fin, yaitu sejenis alat bantu berenang yang diletakkan di kaki. Dalam istilah lokal (Bahasa Indonesia) kita sering mengenal alat ini dengan nama “kaki-katak.”

Snorkeling di Lombok bisa sangat menyenangkan apabila Anda tahu tempat-tempat yang menarik untuk menyaksikan terumbu karang, ikan-ikan, barakuda, kepiting, serta aneka biota laut lainnya. Bahkan tidak jarang kita juga bisa melihat sisa-sisa kapal yang karam di bawah laut. Karena sejak dahulu, Lombok dikenal sebagai salah satu destinasi snorkeling terbaik yang berpadu dengan pantai-pantai indah serta pemandangan alam yang cantik.

Tiga gili Lombok Utara (Trawangan,Meno,Air)

Tiga gili paling terkenal di Lombok yang lokasinya berada di Lombok Utara. Snorkeling di tempat ini bisa sangat menyenangkan karena ada banyak terumbu karang, ikan-ikan, dan berbagai biota laut. Termasuk kura-kura hingga barakuda yang bisa kita temukan dengan mudah di perairan dangkal dekat pantai.

Karena lokasi Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air berlokasi di tempat yang berdekatan, Biasanya kegiatan ini (Paket Snorkeling 3 Gili) akan dimulai dari Gili Trawangan menggunakan perahu (boat) yang terbuat dari kayu. Beberapa perahu ada yang dilengkapi dengan kaca di bagian dasarnya (glass bottom boat) untuk melihat keindahan bawah laut selama di perjalanan.

Photo Galery

 

Gili Nanggu

Gili Nanggu berlokasi di bagian selatan Lombok Barat, dikenal juga dengan julukan “private island” karena pantai yang memiliki pasir putih dan air sebening kristal ini sangat tenang, sehingga cocok dijadikan sebagai tujuan liburan. Tidak ketinggalan, pemandangan bawah laut yang memukau juga menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu mereka dengan menyaksikan terumbu karang dan biota laut.Di pulau kecil ini hanya tersedia 1 buah restoran bernama “Gili Nanggu Cottage & Restaurant” yang menyediakan juga berbagai menu makan plus peralatan snorkeling maupun diving.Gili Nanggu sendiri dikenal sebagai destinasi wisata terbaik di Lombok karena pemandangan alam dan baharinya yang sangat indah.Lokasinya bisa dijangkau dengan cukup mudah dari Pelabuhan Lembar. Dari pelabuhan,kita hanya perlu menyeberang kurang lebih 20 menit untuk sampai di pulau cantik ini.

Photo Gallery

  

  

  

  

Gili Rengit

Gili Rengit bisa dijangkau dalam waktu kurang lebih 2 jam. Untuk bisa sampai di sana, terlebih dahulu kita harus menuju Pantai Tembowong, karena dari sanalah kita akan menyeberang.

Pulau kecil ini sudah memiliki dermaga permanen dan berbagai fasilitas penunjang seperti bungalow, restoran, mini bar, toilet, dan lain-lain. Yang sayangnya terlihat mangkrak dan tidak terurus.

Gili Rengit cukup indah dengan pemandangan alam yang menarik dan pemandangan bawah laut yang juga keren. Snorkeling di tempat ini semakin sempurna karena arus lautnya yang tenang, sehingga tidak perlu khawatir terbawa atau terseret ombak saat asyik menyaksikan keindahan terumbu karang dan biota laut.

Gili Layar

Gili Layar dan Gili Rengit adalah 2 destinasi snorkeling terbaik di Lombok yang berada di Lombok Barat sekitar 25 km dari Pelabuhan Lembar. Perjalanan dari lembar ke Gili Layar memakan waktu kurang lebih 30 menit. Jika dibandingkan dengan 3 Gili terkenal di Lombok Barat (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air), Gili Layar dan Gili Rengit justru menawarkan pengalaman wisata yang sedikit berbeda.

Di Gili Layar, pulaunya lebih tenang dengan terumbu karang yang indah serta ikan warna-warni di bawah laut. Gili ini didominasi pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Di sana tidak ada sepeda motor maupun cidomo (sejenis kereta kuda), dan tidak banyak orang yang berwisata ke tempat ini. Jadi bisa dipastikan tempat ini super tenang.

Gili Kondo

Gili Kondo adalah sebuah pulau yang indah, dikelilingi pasir putih dan pemandangan yang masih alami serta perairan yang tenang. Lokasinya berada 50 km sebelah utara Selong. Dapat dicapai dari Pantai Sambelia menggunakan perahu kayu dengan lama perjalanan sekitar 25 menit. Di pulau yang hampir tak berpenghuni ini, kita bisa menikmati dunia bawah laut dengan kegiatan snorkeling.

Biasanya, wisatawan yang datang ke Gili Kondo selalu menyempatkan diri untuk menginap di sana setidaknya satu malam dengan mendirikan tenda. Di malam hari, wisatawan biasa menikmati keindahan bintang bintang dan api unggun serta ikan bakar, jika kebetulan sempat memancing di siang harinya. Karena Gili Kondo juga terkenal sebagai salah satu destinasi memancing yang cukup terkenal di Lombok.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan pantai paling populer di Lombok yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan sepanjang tahun. Namun tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan sunset, Senggigi juga menawarkan objek wisata bawah laut yang menarik berupa terumbu karang dan biota laut.

Ini merupakan opsi terbaik jika Anda tidak ingin menyeberang ke Gili Trawangan, Gili meno, dan Gili Air, terutama jika Anda mempertimbangkan biayanya. Yang jelas, biaya berwisata di Gili sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan berwisata di sekitar Senggigi (Lombok Barat).

Namun sayangnya, terumbu karang di Senggigi masih belum sepenuhnya pulih karena mengalami kerusakan parah, terutama di sisi sebelah kanan. Walau demikian, justru di tempat inilah kita bisa menemukan aneka ragam ikan, boleh dikatakan jumlahnya mungkin yang paling banyak diantara spots lainnya.

Sedangkan di bagian tengah, terumbu karang masih cukup terawat dan bagus dengan ikan yang juga lumayan banyak. Sedangkan di sebelah kiri, spot yang satu ini tidak jauh berbeda dengan sport di sebelah kanan dengan terumbu karang yang cenderung kurang bagus serta jumlah ikan yang juga tidak terlalu banyak.

Beberapa jenis ikan yang biasanya kita temui di sekitar pantai Senggigi antara lain, butterfly fish, angel fish, anthias, moorish idol, hingga lion fish.

Topik Terkait

Favorit destinasi di Lombok
Favorit destinasi di Lombok
Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Bahkan, Lombok sekarang semakin dikenal oleh wisatawan karena banyaknya destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.Berbagai destinasi di pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi i
Merariq
Merariq
Merariq di Lombok umumnya, pasangan kawin lari sebagai solusi terakhir untuk menikah, jika pasangan yang ingin menikah tetapi tidak mendapat izin dari keluarga mereka, mereka akan pergi jauh dan tinggal di tempat yang tersembunyi. Dalam kondisi ini, keluarga gadis itu memiliki wewenang untuk mengiri