Booking lombok holidays

Pulau Lombok juga terkenal akan keindahan pantai dan keragaman biota laut. Bahkan, Lombok sekarang semakin dikenal oleh wisatawan karena banyaknya destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.Berbagai destinasi di pulau seluas hampir 4.800 kilometer persegi ini menawarkan pemandangan alam menakjubkan yang selalu diminati banyak wisatawan. Ini tempat favorit yang banyak di kunjungi wisatawan di pulau Lombok.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Di area sekitar 40.000 hektar, berdiri kokoh gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Terdapat dua jalur pendakian resmi untuk mencapai gunung dengan ketinggian 3.762 mdpl ini. Kamu dapat memilih jalur Senaru di Lombok Utara atau Sembalun di Lombok Timur.

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan luar bisa yang menjadi favorit para wisatawan, mulai dari lereng hingga ke puncak tertingginya, yaitu Puncak Dewi Anjani. Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, di  Rinjani ada Segara Anak. Ingin mencoba pengalaman berkesan lainnya? Kunjungi pemandian air panas alami yang berada tak jauh dari Segara Anak.

Bukit Pegasingan

Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, sama halnya seperti di Pantai Kuta, Bali.

Di Pantai Senggigi, kamu bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sekitar pantai, seperti  plecing kangkung dan ayam taliwang.

Narmada

Narmada adalah sebuah kecamatan yang terletak di Lombok Barat, tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani. Kawasan ini dikenal wisatawan karena keberadaan taman raja seluas hampir tiga hektar yang cantik. Bangunan yang sudah dibangun sejak tahun 1700an ini bernama Taman Narmada.

Taman ini berada di Desa Lembuak atau sekitar 10 kilometer di sebelah timur Mataram. Di dalamnya, terdapat kolam tirta (pemandian air pada zaman dahulu) dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Tujuannya, agar raja yang sudah sepuh tak perlu lagi pergi jauh mendaki gunung untuk melakukan berbagai acara kesucian.

Taman Narmada cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin ingin tahu kehidupan para raja di Lombok pada masa lalu. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa masuk ke sebuah pura yang di dalamnya terdapat air suci. Kamu pun boleh membasuh wajah dan beberapa bagian tubuh dengan air tersebut.

Tiga  Gili Lombok Utara

Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) di area lepas pantainya, namun tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Air, dan Meno. Ketiga gili ini memiliki lokasi yang berdekatan, sehingga sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat (island hopping). Gili Trawangan adalah gili terbesar, sedangkan Gili Meno adalah yang paling sepi sekaligus asri.

Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal. Pelancong bisa,menikmati pemandangan pantai minum di kedai pinggir pantai, menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di tempat wisata di Lombok ini. Gili Trawangan juga kerap menjadi lokasi pesta pinggir pantai, sehingga cocok untuk pelancong yang ingin menikmati suasana resort.

Gili Meno dan Air berukuran lebih kecil serta lebih sepi bila dibandingkan dengan Gili Trawangan, tetapi Gili Air masih dihuni oleh masyarakat lokal. Pantai di Gili Air juga tidak seramai Gili Trawangan, Area pantai di Gili Meno dan Air cocok untuk snorkeling atau menyelam.

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di  Bali  karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, serta pemandangan bawah laut yang indah.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Kuta antara lain adalah snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan melihat matahari terbenam. Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup lengkap, seperti misalnya homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, hingga warung makan.

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak berada dalam jalur yang sama dengan Pantai Kuta, sehingga cocok dijadikan tujuan wisata pantai berantai. Tempat wisata di Lombok yang satu ini memiliki pasir putih lembut serta air biru, dan masih relatif sepi walau sudah memiliki fasilitas standar. Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk berselancar, tetapi tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok untuk pemula.

Kegiatan yang direkomendasikan di Pantai Selong Belanak antara lain adalah berselancar, berenang, berjemur, melihat matahari terbenam, dan snorkeling

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.

Pantai Tanjung Aan adalah tempat wisata di Lombok yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling, atau membuka warung makan sederhana. Anda juga bisa membeli kelapa muda, dan duduk di bangku-bangku sederhana yang disediakan. Pada bulan Februari dan Maret, tempat wisata di Lombok ini kerap menjadi salah satu lokasi Festival Bau Nyale, selain Pantai Kuta dan sekitarnya.

Pantai Tanjung Aan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. Terdapat kendaraan umum yang melewati Pantai Tanjung Aan, namun jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu

 

Dusun Sade

Dusun Sade adalah hunian Suku Sasak yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dan terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak sekitar enam abad silam. Penduduk desa ini masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, lengkap dengan dinding anyaman dan bambu serta kayu sebagai penunjang.

Setiap rumah di Dusun Sade dibedakan menurut fungsinya, misalnya Bale Tani yang merupakan hunian keluarga, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum memiliki anak atau lansia, dan Bale Bonter yang dihuni petinggi desa. Ada juga bangunan lumbung padi dan balai desa tempat warga setempat mengadakan perundingan. Setiap rumah dihubungkan dengan semacam jalan setapak.

Pelancong dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional, ikut belajar menenun, dan membeli kain langsung dari penduduk desa. Penduduk desa juga kerap mengadakan festival dan ritual tradisional. Pelancong bebas memotret dan mengobrol dengan penduduk desa, namun tetap harus bersikap hormat dan menjaga kesopanan.

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah salah satu gili terkecil yang tidak berpenghuni di lepas pantai Lombok. Pasir putih dan panorama bawah airnya membuat tempat wisata di Lombok ini terkenal sebagai tempat berkemah, snorkeling, dan menyelam. Perairan di pulau kecil ini relatif jernih, dan banyak dihuni ikan tropis. Pelancong bisa membawa potongan kecil roti dalam botol bekas untuk memberi makan ikan.

Pengunjung yang ingin berkemah wajib menjaga kebersihan serta membawa persediaan air tawar yang cukup. Tidak ada persyaratan khusus untuk berkemah di tempat wisata di Lombok ini, tetapi pelancong tetap harus memberitahu pihak berwenang di desa setempat.

 Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep adalah air terjun yang berlokasi di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Mataram. tempat wisata ini masih relatif asri, dan memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohonan serta hutan, dan berakhir di sebuah kolam sejuk. Udaranya yang segar akan membuat stres lenyap seketika. Selain itu, kolam dingin di bawah air terjun tersebut bisa juga dijadikan tempat berenang.

Pelancong yang hendak menikmati keindahan tempat wisata di Lombok ini sebaiknya menyewa sepeda motor atau mobil dengan sopir (di Mataram atau Cakranegara), karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke area air terjun. Pelancong bisa membayar penduduk setempat untuk menjadi pemandu dan terdapat tangga yang sengaja dibangun untuk mencapai air terjun.

Air terjun Sendang Gile

Sendang Gile adalah air terjun yang lokasinya berada di bawah Tiu Kelep, sehingga bisa dikunjungi sekaligus. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, dan bentuknya bertingkat-tingkat. Terdapat kolam dengan bebatuan di bawah tirai air terjun, dengan air dingin yang jernih dan cocok untuk direnangi.

Sama seperti saat ke Tiu Kelep, pelancong bisa meminta tolong kepada penduduk setempat untuk jasa pemandu. Area air terjun ini dekat dengan fasilitas umum seperti toilet umum, tempat ibadah, dan tempat parkir. Ada juga warung sederhana yang dikelola penduduk, serta restoran yang berada di dataran tinggi

  

Air Terjun Benang Kelambu

Selain Mangkusakti, salah satu air terjun eksotis lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Benang Kelambu. Objek wisata alam ini berada di Aik Berik, Lombok Tengah yang dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Mataram.

Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air terjun ini dinamakan “Benang Kelambu” karena air yang mengalir bak benang tipis berukuran kecil. Oleh karena itu, gemercik air yang terdengar halus dapat menenangkan jiwa dan raga. Destinasi wisata ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dan melepas penat.

Topik Terkait

Snorkeling spot di Lombok
Snorkeling spot di Lombok
Snorkeling adalah cara terbaik sekaligus cara paling murah untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyewa peralatan selam yang harganya mahal. Umumnya peralatan snorkeling bisa di sewa dengan kisaran harga antara Rp 50.000 - 100.000,Dengan semurah itu, kita bisa berenang menikmati ikan-ika
Merariq
Merariq
Merariq di Lombok umumnya, pasangan kawin lari sebagai solusi terakhir untuk menikah, jika pasangan yang ingin menikah tetapi tidak mendapat izin dari keluarga mereka, mereka akan pergi jauh dan tinggal di tempat yang tersembunyi. Dalam kondisi ini, keluarga gadis itu memiliki wewenang untuk mengiri